Jumat, 19 Januari 2018

MAKAM PANEMBAHAN BODHO

JEJAK WALI

(1). MAKAM WALIYYULLAH SYEIKH PANEMBAHAN BODHO

Pesarean Kanjeng Syeikh Panembahan Bodho dumunung wonten ing Dusun Pijenan Wijirejo Pandak Bantul Yogyakarta...

Kacarios Kanjeng Panembahan Bodho menika kagungan Asmo asli Raden Trenggono.
Miturut silsilah sejarah ,Raden Trenggono taksih trah darah Prabu Browijoyo Pamungkas kalebet buyut saking Raden Aryo Damar ingkang Jumeneng Adipati Palembang putro Prabu Browijoyo V, injih Ratu Majapahit.

Raden Aryo Damar utawi Adipati Palembang, kaparingan putro kalih cacahipun.
Kekalihipun kakung, mijil saking garwo ingkang asesilih Dorowati Murdaningsih ingkang ugi kasebat Puteri Doro Pethak.
Wondene Putro kekalih kolo wau pun paringi asmo Raden Khasan soho Raden Kusen.
Raden Kasan meniko ingkang samangke kawentar minongko Raden patah , sultan wonten Demak Bintara, lan sak meniko sumare wonten ing Demak.
Wondene Raden Khusen jumeneng minongko Adipati Terung kaping I
Ingkang ugi kasebat Adipati Pecat tondo utawi Adipati Terung

Lengseripun Adipati Terung I, kagantos Adipati Terung kaping II, ingkang saklajengipun peputro Raden Trenggono, injih ingkang kasebat Kanjeng Syeikh Panembahan Bodho.

Ing naliko taksih mudho, Raden Trenggono, dados nem-neman ingkan bagus, gagah pidekso.
Wonten satunggaling dinten Raden Trenggono tindak-tindak nitih kudo. Wonten saktengahing margi pinanggih kaliyan pawongan sepuh. Pawongan sepuh kolowau ngendiko sajak nyemoni :  ” Menowo Gagah yo Gagah, Ganteng yo Ganteng, Cahyaning murub Abang, Ananging Amung koyok​ Kembang Worawari "

Pangandikan kolo wau Amengku teges; Bagus, ngganteng ,gagah perwiraning diri, tanpo guno menawi mboten kaginakaaken berjuang kagem sesami soho kangge bongso lan negari. Bebasan kadyo kembang worawari, ingkang resep, endah lan asri, ananging tanpo nyebar gondo wangi.

Midanget pangandikan kolowau, Raden Trenggono duko yayah sinipi. Piyambakipun rumaos dipun ino soho dipun remeh aken.
Raden Trenggono mlajar ngluru pawongan sepuh kolo wau. Ananging dasar pawongan ingkang sekti mondroguno, Sakedheping Netra Bablass tanpo tilas, ilang sak naliko.
Kadadosan meniko andadosaken Raden Trenggono mboten jenjem penggalihipun, sawetawis mawas diri, metani sedoyo tindak lampahipun. Pasemonan pawongan sepuh kolowau hanamung sak klimah ananging rumaos tumunjem wonten saklebeting ati,

Ing saklajengipun Raden trenggono Tindak ngupadi pawongan sepuh kolo wau, kanthi niat badhe anggegulang ngelmi.

Pungkasanipun Raden Trenggono saged pinanggih wonten saklebeting wono. Atur sembah sungkem soho niat nggegulang ilmi kakaturaken.
Kanyatan pawongan sepuh kolo wau mboten sanes Injih  KANJENG SUNAN KALIJAGA utawi SUNAN QODLI

Raden Trenggono gadah niat badhe ndarmo betek aken jiwo rogo soho kepinteranuipun dateng sesami. Angawiti gegayuhan meniko, piyambak ipun dados santri lan ngabdi dumateng SYEIKH KI AGENG GRIBIG ing Jatinom Klaten.

Keranten lantipipun, Raden Trenggono Enggal saged buntas sakehing ngelmi agami. Ing pungkasanipun, malah kapundhut putro mantu SYEIKH KI AGENG GRIBIG, kapikantuk aken aken kaliyan putrinipun ingkang asesilih Putri Kedupayung.
Saking garwo meniko mijil putro kalih inggih Raden Cokrowesi Kaliyan Raden Surosekti.

Perjuangannipun Raden Trenggono ing babagan siar agami Islam, kanyatan pikantuk panyengkuyung saking poro kawulo. Kabukten soyo dangu soyo kathah santrinipun, saenggo saget ambabar papan-papan pangibadahan.

Kados bopo gurunipun, injih poro wali,
Raden Trenggono nindak aken syiar agami mboten nate cengkah kaliyan tradisi budoyo jawi ingkan tansah dipun pepetri. Malah tradisi ingkang sampun lumampah kadodasken sarono kangge siar agami.

Kathah papan-papan pangibadahan ingkang saget kababar,
Kadosto, wonten ing Sedondong Nanggulan kulon Progo.
Ugi wonten Kauman Wiijirejo, ingkang arupi masjid, ingkang sakmeniko pun paringi asmo Masjid Peninggalan Kanjeng Panembahan Bodho ”Masjid Sabiilurrosyaad kauman”

Masjid Syabilurrosyaad Kauman, mapan wonten Dusun Kauman kalurahan Wijirejo , watawis 1,5 km saking papan meniko. Ngantos wekdal meniko tansah kauri-uri deening poro jamaah. Sinaoso sampun pundandosi serambinipun, ananging taksih kathah peninggalan ingkang taksih asli, umpaminipun, bangunan induk masjid, mustoko, sumur, watu gilang lan sanes-sanesipun.

Raden Trenggono dados ulama, injih pendekaring siar Agami Islam wonten ing kukuban Kauman Pijenan kirang langkung 20 tahun.
Ing Naliko semanten wonten utusan saking ingkang Romo, injih Adipati Terung II. Keng Romo ngersak aken Raden Trenggono enggal kondur.
Ingkang sak mangke kasuwun nggantos kelenggahan Adipati. Ananging Raden Trenggono mboten saget minangkani dawuhipun ingkang Romo.

Piyambak ipun sampun rumaos mantep lan tentrem ayem dados ulama lenggah wonten kukuban Kauman Pijienan. Sanes drajat, pangkat semat ingkang pun udi, ananging hanamung katentreman ati. Anengenaken kebetahaning sesami soho nilraken kabetahan diri pribadi.

Amargi mboten kerso mukti nglenggahi Adipati meniko kolo wau, lajeng pun kathah tiyang amastani Bodho utawi Ki Bodho.

Wonten riwayat sanes nyebataken,
Ing naliko semanten, wonten kabar menawi tanah jawi badhe kedatengan mengsah saking monco negari, injih bongso Portugis.
Raden Trenggono sak konco samekto perang ngadepi mengsah. Kanthi mbangun pos penjagaan wonten kukuban Pantai selatan.
Swanten jlegar-jlegur ingkang pun wastani suwanten meriem, kanyatan anamung swanten ombak laut pantai selatan. Nyumerepi kadadosan kolowau KANJENG SUNAN KALIJAGA, mastani Raden Trenggono taksih Bodho utawi lajeng kasebat Kyai Bodho.

Pangandikan sanes, ngriwayataken Raden Trenggono minongka pawongan ingkang gadah kapribaden lembah manah, andhap asor.
Tebih saking gumedhe , kumalungkung, riyak utawi sombong.
Sinaoso sejatosipun piyambak ipun lantip, saget inga samudayanipun, krono andap asoripun nampi sesebutan Kanjeng Panembahan Bodho.

Kanjeng Syeikh Panembahan Bodho utawi Raden Trenggono sedo wonten ing tahun 1600 Masehi. Kasarek aken wonten papan meniko injih Pasarean Makam Sewu Wijirejo Pandak Bantul Yogyakarta

Mboten dangu Sak sampunipun sedanipun Kanjeng Syeikh Panembahan Bodho, Garwo ingkang kaping kalih, ingkang asmo Nyai Brintik , Putra putrinipun Raden Santri saking Gunung Pring Muntilan sedo

Kacarios Sedoyo Putra Putranipun Kanjeng Syeikh Panembahan Bodho Saking Garwa Kekalih Menika Anurunakên Gangsal

1.PANEMBAHAN COKROWESI
2.PANEMBAHAN SUROSEKTI
3.KYAI AGENG NURUDIN CONDRO KUSUMA
4.KYAI AGENG GADING CONDRO KUSUMA LAN
5. NYAI AGÊNG RAGIL KUNING

Ngantos dumugi wekdal sakmeniko, Pasarean Makam Sewu ugi Kathah ingkang Sami Ziarah Ngalab Barokah utawi Tawasulan, Langkung langkung wonten ing saben-saben malem jumat kliwon utawi malem seloso kliwon.

Pesarean Makam Sewu menika saklintunipun Kanjeng Syeikh Panembahan Bodho ugi Kathah Makam2 Para Ulama Misuwur Lan Para Priyagung ingkang tasih mapan setunggal lokasi Kados
SYEIKH BUKHORI
SYEIKH KYAI SECODEWO
SYEIKH KYAI THOHIR
KANJENG KYAI TUMENGGUNG JOYO MARTO SURO lak sakpiturutipun...

Mekaten sekedhik riwayat Panjenenganipun Waliyyullah Kanjeng Syeikh Panembahan Bodho Makam Sewu
Kirang Langkungipun nyuwun agunging pangapunten

WallahuA'lam bishowwab...

Salam Rahayu....

Al faqier el mardanuzie

(2). MAKAM MBAH NYAI AGENG BRINTIK

Makam Mbah Nyai Ageng Brintik terletak di Dusun Karang, Kalurahan Wijirejo, Kecamatan Pandak, Kabupaten Bantul, Propinsi DIY. Letak makam Mbah Nyai Ageng Brintik ini tepatnya berada di sisi barat Pasar Pijenan pada jarak sekitar 1,5 kilometer

Makam Mbah Nyai Ageng Brintik berada di sisi utara dari kompleks makam Dusun Karang. Makam ini telah dilengkapi cungkup.

Cungkup makam Mbah Nyai Brintik juga dilengkapi dengan teras. Di teras ini diletakkan beberapa nisan Para sesepuh dusun setempat. Sementara di sisi nisan dari Mbah Nyai Ageng Brintik juga terdapat nisan lain yakni nisan makam  Kyai Joko Lelono.

Pada bagian tengah agak ke selatan dari kompleks makam di Dusun Karang ini juga terdapat nisan lain, yakni nisan dari putra Mbah Nyai Agêng Brintik, yakni nisan dari Kyai Ageng Nurudin Condrokusumo dan Istrinya ,Nisan keduanya diletakkan dalam sebuah cungkup dengan dinding terbuka. Artinya, nisan tersebut hanya diberi atap yang terbuat dari seng

Mbah Nyai Ageng Brintik merupakan istri dari Kanjeng Syeikh Panembahan Bodho atau sering dikenal juga dengan nama Raden Trenggono Cucu dari Raden Khusein atau Adipati Pecat Tondho /Adipati Terung I bin Raden Arya Damar /Adipati Palembang bin Prabu Brawijaya Pamungkas

Sumber setempat menyebutkan bahwa Mbah Nyai Brintik adalah salah satu putri dari Sunan Kalijaga. Namun versi lain menyatakan bahwa Nyai Brintik adalah putra dari Pangeran Singasari atau Kyai Raden Santri Gunung Pring Magelang Versi yang lain lagi menyatakan bahwa Nyai Agêng Brintik adalah salah satu Santri dari Sunan Kalijaga.

Mbah Nyai Brintik dulunya tinggal di Dusun Kauman bersama suaminya yang bernama Kanjeng Syeikh Panembahan Bodho. Dusun Kauman ini terletak di timur Dusun Karang. Disebutkan bahwa Mbah Nyai Brintik ini pernah membuat bedug yang kemudian digunakan di sebuah masjid peninggalan SUNAN KALIJAGA di Kalibawang, Kulon Progo yang terkenal dengan nama Masjid Kedondong. Cara membawa bedug tersebut menurut cerita tutur setempat dilakukan dengan cara digendong oleh Mbah Nyai Brintik. Dari Cerita tutur menyebutkan bahwa Mbah Nyai Brintik selain  memiliki ilmu kanuragan dan kesaktian berlebih , Beliau juga seorang yg hafal Qur'an

Ketika meninggal Mbah Nyai Brintik hendak dimakamkan di Makam Sewu di Pijenan. Rencananya akan dimakamkan di sisi makam suaminya, Kanjeng Syeikh Panembahan Bodho. Akan tetapi ketika rombongan pembawa jenazah akan menyeberang Sungai Bedog sungai tersebut sedang banjir besar. Sungai Bedog ini menjadi pemisah antara Dusun Pijenan dengan Dusun Kauman dan Dusun Karang. Rombongan pembawa jenazah ini tidak bisa melanjutkan perjalanan menuju Makam Sewu karena waktu itu belum ada jembatan yang menghubungkan kedua wilayah tersebut. Pemakaman jenazah pun ditunda. Penundaan berlangsung beberapa hari karena banjir Sungai Bedog tidak segera surut. Oleh karena banjir tidak segera surut, maka jenazah Mbah Nyai Ageng Brintik pun akhirnya dimakamkan di Dusun Karang

WallahuA'lam...

#Salam Rahayu...

Ak faqir Elmardanuzie..

SOWAN DAN NAPAK TILAS

(3). MAKAM PANEMBAHAN SELOHENING..

Makam Panembahan Selohening terletak di desa Mancingan, sekitar pantai Parangtritis Kab Bantul Yogyakarta ,
letak persisnya makam Panembahan Selohening berada didekat pemandian air panas parang wedang, namun harus melewati jalan setapak bersemen dan alur sungai kecil disampingnya dan melewati samping kebun penduduk.

Menurut cerita yang ada bahwa Konon panembahan Selohening adalah salah satu kerabat Raja Majapahit yang terakhir yakni Brawijaya V yang menyingkir dari kerajaan untuk mengasingkan diri karena adanya intrik intrik dan kemelut didalam Kerajaan yang tak kunjung usai ,Merasa diri gerah dan tak nyaman Kemudian Beliau Hijrah yang kemudian tinggal di sebuah bukit selohening.
Sehingga beliau kemudian jg disebut Kyai Agêng Selohening. Selohening sendiri berarti batu yang hening yakni sebuah batu keramat yang konon jika ada hewan dan burung melintas diatasnya maka akan jatuh dan mati
Batu tersebut masih ada dan dapat dijumpai dilokasi tersebut.

Kyai Ageng Selohening sendiri awal mulanya beragama Budha juga disebut sebagai seorang Begawan, Beliau juga mendirikan sebuah Padepokan dan mempunyai banyak Murid , Diceritakan Kyai Ageng Selohening terkenal dengan mempunyai Banyak Kesaktian , namun setelah bertemu dengan Syekh Maulana Maghribi dan sempat beradu ilmu Kesaktian dan Kaweruh akhirnya Kyai Agêng Selohening menjadi penganut islam. Setelah Beliau Menganut Agama Islam , Beliau menjadi seorang yg bener bener Ahli Ibadah Sehingga Konon sampai Di angkat Menjadi seseorang Yg Mempunyai derajat Kewalian..
Dan saat itu dipadepokan tersebut tinggal juga putra putra Brawijaya V yakni Raden Dhandhun dan Raden Dhandher yang juga menyingkir dari kerajaan yang akhirnya keduanya juga masuk Islam yang kemudian dikenal dengan nama Syekh Bela Belu dan Syekh Gagang Aking atau Syekh Dami Aking.

Untuk mencapai Lokasi makam ini harus menaiki beberapa puluh anak tangga yang di ujungnya terdapat candi bentar sebagai pintu gerbangnya .
Apabila akan masuk ke area makam dan belum bertemu dengan juru kuncinya maka ada sebuah alat yang bisa digunakan untuk memanggil juru kunci tersebut. Alat tersebut berupa sebuah kentongan dari bambu.

Di area makam tersebut terdapat tiga buah cungkup, yang paling depan berupa bangunan yang kedua sisinya dindingnya terbuka yg dipergunakan  sebagai tempat peristirahatan ,kemudian yang ditengah merupakan bangunan utama yang merupakan tempat dimana makam Panembahan Selohening Di Makamkan dan bangunan yang ketiga merupakan bangunan yang hanya difungsikan sebagai gudang

Tidak jauh dari makam tersebut terdapat sebuah sendang atau tepatnya merupakan sebuah palung kecil di aliran sungai yang ada di belakang makam tersebut. Air yang ada  tersebut cukup jernih dan terkadang tempat itu juga digunakan sebagai tujuan sebuah ritual tertentu.

WallahuA'lam...

Salam Rahayu...

Al faqir Elmardanuzie

(4).MAKAM MBAH SYEIKH KYAI RADEN MURSODO DAN MBAH SYEIKH KYAI RADEN MUSTHOFA

Letak Makam Mbah Kyai Raden Mursodo dan Mbah Kyai Raden Musthofa berada di barat Masjid Pathok Negoro "SULTHONI "Ploso Kuning ,
Jalan Ploso Kuning Raya No 99 Desa Minomartani Kecamatan Ngaglik Kab Sleman Yogyakarta...

Menurut sejarah silsilah Beliau Mbah Kyai Raden Musthofa adalah Putra dari Mbah Kyai Raden Mursodo , Mbah Kyai Raden Mursodo Putra Dari Mbah Syeikh Kyai Nur Iman Mlangi alias B.P.H Sandiyo alias Radèn Mas Ichsan bin Prabu Amangkurat IV atau Mangkurat Jawa ( 1719-1726 M ) bin Susuhunan Pakubuwana I alias Pangeran Puger ( 1705-1719 M) bin Prabu Amangkurat Agung  /Sinuwun Tegal Arum (1645-1677 M ) Bin Sultan Agung Hanyakrakusuma (1613-1645 M ) bin Sultan Hanyakrawati /Raden Mas Jolang (1601-1613 M) Bin Kanjeng Panembahan Senapati /Raden Sutawijaya (1587-1601 M) Pendiri Kerajaan Mataram

Selain Makam Beliau juga terdapat makam Tokoh2​ Ulama Besar Lainya

1.Mbah Kyai Khanafi Tsani
2.Mbah Kyai TjitroYudo
3.Mbah Kyai Guntur Geni
4.Mbah Kyai Sabuk Inten
5.Mbah Kyai Prawira Yudo
6.Mbah Kyai Hambali
7.Mbah Kyai Abdurrahman/Kyai Tanjung konon beliau salah satu guru spiritual HB IV
8.Mbah Kyai Hasan Tafsir
9.Mbah Kyai Muhammad Mursyad
10.Mbah Kyai Faturrahman dll..

Mengenai Sejarah Masjid Pathok Negoro Plosokuning ini sendiri bermula dari riwayat Amangkurat IV sebagai Raja Mataram Islam yang memerintah pada tahun 1719-1727 M. Beliau memiliki tiga orang putra yakni, Raden Mas Ichsan, Pangeran Adipati Anom, serta Pangeran Mangkubumi. Pangeran Adipati Anom menjadi Raja dengan gelar Pakubuwono II dengan ibu kota Surakarta Hadiningrat (1727-1749 M). Sesudah terjadi perjanjian Giyanti pada tahun 1755 M, Pangeran Mangkubumi (saudara muda Pakubuwono II) diangkat menjadi Raja Ngayogyakarta dengan gelar Sultan Hamengkubuwono I dengan ibu kota Ngayogyokarto Hadiningrat (1755-1792 M).

Sedangkan Raden Mas Ichsan (kakak kandung Sunan Pakubuwono II dan Sultan Hamengkubuwono I) menjadi ulama bergelar Kyai Nur Iman bertempat di Gegulu yakni sebuah desa di bagian Selatan Kulonprogo. Beliau kemudian hijrah untuk mengajar dan mendirikan pondok pesantren untuk mengembangkan Islam di desa Mlangi. Mbah Syeikh Kyai Nur Iman mempunyai beberapa putra yaitu Mbah Kyai Raden Mursada dan Mbah Kyai Raden Nawawi.
Mbah Kyai Raden Nawawi menjadi Abdi Dalem Pathok Negara I Mlangi. Sedangkan mbah Kyai Raden Mursada Lebih Mengembangkan dan mengajarkan agama Islam di Wilayah Ploso Kuning, beliau berputra Mbah Kyai Raden Mustafa dengan pangkat Abdi Dalem Pathok Negara yang berkedudukan di desa Plosokuning dengan bergelar Kyai Hanafi I.
Kemudian pada masa pemerintahan Sinuwun Sultan Hamengkubuwono III dibangunlah Masjid Pathok Negoro Plosokuning

Akan tetapi Pada  sumber yang lain mengatakan bahwa Masjid Ploso Kuning sudah Dibangun dan didirikan Tahun 1724 M oleh Mbah Kyai Raden Mursodo yang semula berada di selatan Masjid yg sekarang Ini ,jadi jauh sebelum Kraton Ngayogyakarta berdiri ,baru setelah Pangeran Mangkubumi / Sultan Hamengkubuwana I Mendirikan Kraton dan Masjid Agung Kraton thn 1755 M
Kemudian Masjid Ploso Kuning di geser dan di bangun ulang oleh Sultan Hamengkubuwana I

Nama Plosokuning sendiri di ambil dari nama sebuah pohon ploso yang mempunyai daun berwarna kuning yang terdapat di sebelah timur masjid. Dari pohon itu juga sekarang dijadikan nama Desa Plosokuning. Sebagai salah satu masjid pathok Negoro

Pada momen momen tertentu di Masjid ini juga dilaksanakan kegiatan keagamaan yg diikuti oleh keluarga Kraton, semisal​ tradhisi "bukhorenan " tradisi ini sudah menjadi bagian dari tradisi Kraton yg lestari hingga sekarang, Maksud dan Tujuannya tidak lain adalah mengkaji ajaran dan tuntutan Kanjeng Nabi dengan membaca dan memahami hadits hadits yang terdapat dalam Sahih Bukhari..

WallahuA'lam...

Salam...

Al faqir Elmardanuzie

(5(. MAKAM MBAH SYEIKH BADARUDDIN

Ketika Terjadinya Perang Suci Jawa Tahun 1825 -1830 M atau lebih dikenal dengan sebutan Perang Diponegoro ,
Banyak Para Ulama para Santri ,Para Bupati ,Para Pangeran , para Demang Maupun Tokoh2 lainya
Yang turut ikut bergabung dan mendukung Perjuangan Kanjeng Pangeran Diponegoro untuk Jihad Fisabilillah melawan Penjajah Belanda

Salah Satunya adalah Mbah Syeikh Kyai Badaruddin SeorangTokoh Ulama Agung yang juga turut bergabung dan mendukung perjuangan Kanjeng Pangeran Diponegoro ,
Selama hidupnya selain Dikenal Ulama yg 'Alim dan Tokoh Linuwih konon Beliau juga dipercaya sebagai Penasihat Kanjeng Pangeran..

Diceritakan Ketika itu Banyak Para ulama pengikut Kanjeng Pangeran Diponegoro yang syahid di medan peperangan​, sisanya menyingkir ke pedalaman, membuka perkampungan, mendirikan masjid, Maupun tidak sedikit yg merintis sebuah pesantren. Sebagian besar dari para ulama dan santri ini mengganti nama dan identitas mereka karena untuk menghindari intelijen Kompeni Belanda yang terus menerus memantau pergerakan sisa-sisa laskar Diponegoro.

Begitu pula dengan Mbah Syeikh Kyai Badaruddin Setelah Beliau Wafat Kemudian di semayamkan di sebelah barat kota Yogyakarta tepatnya di kampung Ngawen desa Trihanggo kec Gamping Sleman Yogyakarta
Bersama juga dengan Para Tokoh2​ Ulama dan Pejuang lainya seperti;

Mbah Syeikh Muhammad Besari
Mbah Kyai Ageng Ngawen alias Radèn Notohadinegoro
Mbah Kyai Demang Mrutusewu dll..

Semoga kita bisa meneladani semangat juang ,jiwa patriotisme dan rasa nasionalisme Beliau beliau ....

"Hubbul Wathon Minal Iman"

WallahuA'lam.

Kepada Beliau semua lahumul Fatihah.

#SalamRahayu

Al faqir Elmardanuzie..

2 komentar:

  1. Dari tulisan kang irfan sangat menarik krn disitu memunculkan nama2 baru waliyullah maupun kasepuhan di sekitar makam tokoh yg sdh banyak dikenal, sprt di makam sewu ada nama kyai thohir, kyai secodewo, tumenggung joyomartosuro dan kyai bukhori.
    Kemudian di sekitar makam mbah nyai brintik jg trdpt tokoh2 di masanya yg blm banyak di kenal peran dan siapa beliau2 itu. Nah mgkn penulis punya data ttg siapa dan perjuangan beliau tokoh2 yg blm banyak dikenal tsb utk bs menggali lbh jauh agr kita lbh tau sejarah dan bs lbh menghargainya.
    Yang lebih penasaran adalah makam di dusun ngawen,selain letak blm banyak di kenal dan tokoh2 yg msh terasa asing, semoga suatu saat bs sowan ziarah ksn, mungkin penulis bs melengkapi dg gambaran letak geografis agr lbh mudah utk pecinta sarkub yg ingin brziarah ksn. Terimksh

    BalasHapus
  2. Mari sama-sama di crosscheck. Masjid di Kulon progo yg dimaksud di dusun Kedondong (bukan Sedondong) Kec Kalibawang (bukan Nanggulan).

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung